Rabu, 18 Februari 2009

belom slesai

Menurutku, Registry merupakan database Windows yang menyimpan settingan dari semua aplikasi yang sudah didaftarkan (register.red).

Tampilan Registry Editor

Registry bisa kita akses melalui menu RUN, lalu mengetikkan "regedit", atau langsung menjalankan aplikasinya didalam folder "C:\Windows\regedit.exe" (Jika windows diinstall pada partisi C).
Pada aplikasi ini kita dapat merubah settingan melalui database langsung. Contoh simple untuk maksud ini, misalkan kita punya sebuah database "Polcadot", dan sebuah tabel "polcers", serta sebuah field table "Nama". Dengan menggunakan status Administrator, kita bisa langsung merubah, atau mengisi field Nama langsung melalui databasenya. Hal ini berlaku juga untuk Mengubah settingan Registry langsung melalui registry editornya, dan tentu saja dengan status sebagai Administrator atau User setingkat Administrator.

Contoh sederhana,nama "Recycle Bin". Lalu kita ingin merubah nama tersebut dgn nama yang lain misalkan "Tempat Sampah". Untuk merubah langsung settingan default tersebut, cukup merubah nama "Recycle Bin" pada path "HKEY_CLASSES_ROOT\CLSID\{645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}" lalu udah nilai dari (Default) menjadi "Tempat Sampah".



bagaimana kita bisa mendapatkan nama Recycle Bin pada path ini???",

caranya gampang. Cukup klik "Edit - Find" lalu ketikkan nama program yang kamu cari. Kalau nama tersebut bisa dirubah, tinggal diubah aja.

Tampilan Group Policy


Semua settingan default dari regedit adalah settingan default dari gpedit. Jika kita merubah value pada regedit, value-value pada gpedit tidak akan dirubah, akan tetapi jika kita merubah value dari gpedit, maka secara otomatis perubahan tersebut akan mempengaruhi value dari registry editor sesuai dengan value aplikasi yang dirubah.
Dibawah ini kita akan coba merubah salah satu value dari gpedit, yakni value untuk menghilangkan menu RUN dari StartMenu dan melihat hasilnya pada regedit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar